Header Style
Navbar Color

Detail Berita

Image

Latar Belakang

Program Prioritas peningkatan kerja sama ekonomi internasional merupakan salah satu program prioritas Deputi Bidang Koordinasi Kerjasama Ekonomi Internasional dengan harapan mampu memberikan kontribusi yang baik terhadap perdagangan Indonesia secara internasional. Terdapat beberapa hal yang melatarbelakangi adanya program tersebut yaitu:

§  Perlunya untuk meningkatkan engagement Indonesia dalam fora internasional

§  Kebutuhan Indonesia untuk mengembangkan bidang tertentu untuk meningkatkandaya saing;

§  Untuk mendukung kinerja dan meningkatkan leverage  stakeholders dari dunia usaha

 

Program ini memiliki tujuan untuk upaya peningkatan ekspor melalui pembukaan akses pasar dan kemudahan maupun insentif investasi; dan pengembangan sektor-sektor ekonomi lain terkait, seperti, kerja sama transportasi, pertanian, green city, keuangan, statistik, dan lain-lain. Adapun uraian program untuk mendukung tercapainya tujuan program ini adalah melalui memimpin berbagai pertemuan dengan mitra internasional; mengkoordinasikan pemenuhan komitmen Indonesia dalam berbagai sektor kerja sama ekonomi internasional; bersama dengan Deputi dan K/L terkait melakukan penyesuaian regulasi untuk meng-imporve posisi Indonesia dalam pertemuan; bersama dengan lembaga thinktank dan pelaku usaha, melakukan kajian terhadap potential gain dari kerja sama internasional tersebut.


Rencana Kinerja


PROGRAM/KEGIATAN

Q1

Q2

Q3

Q4

PENINGKATAN KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL

Pertemuan tingkat Menteri dan Senior Officials bidang ekonomi

Singapura, Rusia, Korea, RRT, Australia, IMT-GT, BIMP EAGA, ASEAN, G20

Misi Dagang dan Investasi

AS

Penyelesaian Bilateral Investment Treaty

Swiss

Pemenuhan  Komitmen serta Rencana Investasi dari beberapa mitra utama

RRT, Rusia, Australia, Singapura

Sosialasi Capaian Kesepakatan Internasional

ASEAN, ASEAN+1, IEFTA CEPA, IA CEPA, IP PTA, G20, WTO, dll

Peningkatan kapasitas bagi tim perunding

Pelatihan bagi tim perunding terkait penyiapan bahan posisi dan analisa data-data ekonomi makro

Target Kinerja

Kesepakatan kerja sama internasional dalam berbagai sektor dan rekomendasi dalam kebijakan kerja sama ekonomi internasional maupun penyesuaian terhadap kebijakan domestik


Capaian Kinerja

Capaian program prioritas hingga Triwulan III Tahun 2019 dibidang peningkatan kerja sama ekonomi internasional adalah sebagai berikut:

  • Kerjasama Ekonomi Bilateral RI – Singapura Capaian: (1) Pembukaan pabrik Pegatron di Batam pada Juli 2019 sebagai hasil promosi bersama ke Taiwan; (2) Penguatan Nongsa Digital Park sebagai pusat kerjasama pengembangan digital; (3) Rute cruise baru dari Singapura ke Belitung.
  • Pertemuan Working Group (WG) on Marine and Fisheries RI – Rusia St. Petersburg 10 – 11 Juli 2019: Tindak lanjut dari SKB ke-12 RI – Rusia bidang kerja sama perdagangan ekonomi dan teknik sebagai forum kerjasama bilateral di sektor kelautan dan perikanan.
  • Pertemuan Sherpa dan KTT G20 di Osaka Capaian: G20 Osaka Leader Declaration.
  • PTM G20 Ketenagakerjaan 1-2 September 2019 Capaian: Menghasilkan Deklarasi G20 Labour and Employment Ministers’ Meeting 2019.
  • KTT BIMP-EAGA ke-13 dan KTT IMT-GT ke-12 Capaian: Joint Leaders Statement untuk meningkatkan konektivitas, maritim dan pariwisata.
  • PTM IMT-GT ke-25 Capaian: (1) Pelaksanaan reviu IB 2017-2021; (2). Implementasi RoRo Dumai-Malaka pada Q3 2020; (3) Pembahasan tentang komoditas utama yaitu karet dan kelapa sawit serta potensi laut melalui healthy ocean.
  • Kesepakatan implementasi mekanisme APEC Online Dispute Resolution (ODR).
  • Terselesaikannya Rencana Aksi Nasional Masyarakat Ekonomi ASEAN sebagai dasar implementasi MEA 2025.
  • Sidang Komisi Bersama (SKB) RI – Rusia Bidang Kerjasama Perdagangan, Ekonomi dan Teknik pada level menteri yang membahas berbagai kerja sama strategis dibidang perdagangan, investasi dan industri; energi; transportasi dan infrastruktur; legal basis; budaya dan pariwisata; kelautan dan perikanan; pertanian; serta perbankan dan keuangan.

Navigation