Header Style
Navbar Color

Detail Berita

Image

Latar Belakang

Sebagai tindak lanjut dari Paket Kebijakan Ekonomi 14 yang bertujuan untuk (1) mewujudkan Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar pada tahun 2020; (2) mendorong kreasi, inovasi, dan invensi kegiatan ekonomi baru di kalangan generasi muda; dan (3) memberikan kepastian dan kemudahan berusaha dalam pemanfaatan e-commerce, Pemerintah bersama asosiasi dan perwakilan pelaku e-commerce menyusun kegiatan yang diperlukan untuk memperkuat ekosistem e-commerce Indonesia. Kegiatan atau rencana tindak ini kemudian ditetapkan ke dalam Peraturan Presiden No. 74 tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map e-Commerce). Implementasi Perpres 74/2017 dilakukan oleh K/L terkait dan dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Selain rencana tindak yang tercantum dalam Road Map e-Commerce, pada tahun 2018 juga telah dilaksanakan beberapa kegiatan penting lain untuk mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi digital Indonesia yang kondusif.


Rencana Kinerja


Target Kinerja


Capaian Kinerja

Sejumlah sasaran program Pengembangan e-Commerce Dan Ekonomi Digital adalah penguatan ekosistem digital, penataan penyelenggaraan e-commerce, pembenahan basis data e-commerce sebagai referensi profil dan proyeksi, pelaksanaan ekspor melalui e-commerce, dan peningkatan kerjasama Internasional. Perkembangan capaian program pengembangan e-Commerce dan Ekonomi Digital, sampai dengan Triwulan III 2019 adalah sebagai berikut:

q  Monitoring Implementasi Peraturan Presiden No. 74/2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik, yaitu 8 Pilar dengan 62 Keluaran, dimana telah diselesaikan sebanyak  25 keluaran, 27  keluaran berjalan, dan 10 keluaran sedang dalam pembahasan.

q  Pembahasan Konsep Framework Strategi Nasional Ekonomi Digital dengan 7 K/L/Otoritas;

q  Proses Finalisasi Draft RPP Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE);

q  Pembahasan RPP Perubahan PP Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik (PSTE);

q  Proses Ratifikasi Perjanjian ASEAN Agreement on e-Commerce.

q  Pengumpulan data e-commerce bekerjasama dengan BPS.


Navigation